Gambar dari Rudy Normal,S.Kom
Mengapa Siswa Kelas Online Lebih Unggul dari Kelas Konvensional?
dari Rudy Normal,S.Kom - Senin, 6 Januari 2014, 15:15
 
Sebuah survei di salah satu universitas di Amerika Serikat menyebutkan, apabila murid kelas konvensional dengan murid kelas online diuji bersama-sama, maka ditemukan hasil sebanyak 90 - 100 persen siswa kelas online memperoleh nilai di atas C dan hanya 60 persen siswa kelas konvensional yang mendapatkan nilai di atas C. 

Mengapa bisa begitu? Berdasarkan survei tersebut, kelas online memiliki banyak keunggulan. Semua materi dan diskusi mengenai pembelajaran dapat diulang kembali. Berbeda dengan kelas konvensional, siswa harus mencatat. Apabila lupa mencatat, maka materi yang diberikan ke siswa hanya "masuk telinga kanan, keluar telinga kiri". 

Selain efektifitas waktu, lokasi, dan adanya ketimpangan antara pertumbuhan ekonomi dengan pendidikan di Jawa dan luar Jawa, ada faktor lainnya yang menyebabkan sistem pendidikan online diperlukan di masa kini dan akan datang. Pada 2015 mendatang, Indonesia akan mengikuti ASEAN Economic Community (AEC). Semua pihak dapat datang dan bersaing di posisi apa saja. 
source:kompas.com