Gambar dari Rudy Normal,S.Kom
Tips mempopulerkan website anda
dari Rudy Normal,S.Kom - Senin, 25 November 2013, 10:11
 
Sebenarnya pada saat website telah online di internet maka otomatis muncul tugas baru yang tidak kalah penting, yaitu mencari cara promosi agar dapat meraih pengunjung sebanyak-banyaknya.

Promosi website dapat dilakukan dengan banyak cara dan akan saya coba jelaskan beberapa cara promosi website yang paling umum digunakan.

  • Search Engine, Ini adalah cara promosi website yang paling umum dilakukan. Dengan melakukan submit /mendaftarkan web ke direktori search engine (google, yahoo, msn dll) maka pengunjung dapat menemukan website anda bila melakukan pencarian pada search engine tersebut. Beberapa direktori search engine lokal yang cukup terkenal antara lain: Jendela Indonesia, Info Indonesia, dan IndoCenter. Jangan lupa untuk melakukan submit/daftar hanya pada kategori yang benar-benar sesuai dengan isi website anda.
  • Forum online, Bergabunglah dengan forum-forum yang kurang lebih sesuai dengan kategori isi website anda. Sebagai contoh, misalkan anda membuat website untuk bisnis bengkel, maka untuk promosi website tersebut bergabunglah dengan forum klub-klub mobil yang ada di internet.
  • Bila memungkinkan, promosikan website anda dengan membuat link website anda pada field signature di profile anda pada forum yang anda ikuti. Hal ini akan menyebabkan pengunjung lain dapat melihat promosi atau link website anda pada setiap posting yang anda buat di forum tersebut.
  • Gunakan Email dan Mailing List, Buat link website anda pada signature di email anda dan bergabunglah dengan mailing list (milis) yang kurang lebih sesuai dengan kategori website anda. Dan seperti halnya dengan forum, jangan pernah mencoba posting promosi atau keluar dari topik yang sedang dibicarakan.
  • Dokumen Formal, Bila website anda adalah website suatu bisnis yang memiliki dokumen formal seperti kop surat atau amplop maka anda bisa mempromosikan website anda secara offline dengan mencantumkan alamat website anda di sana.
  • Pasang iklan baris online dan Aktif di media sosial,twitter, facebook.
Semoga informasi ini bermanfaat